Latest News

Resep Sayur Asem Dan Cara Membuatnya

Resep Sayur Asem - Sedap,segar dan gurih adalah cita rasa khas dari masakan yang satu ini. Mungkin anda adalah salah satu penggemar berat dari sayur asem ini. Dengan kombinasi beberapa sayuran segar seperti kacang panjang,jagung dan mentimun membuat sayur asem menjadi salah satu masakan favorit dibanyak rumah makan ternama di indonesia. Selain rasanya yang ajib,sayur asem juga menjadi salah satu masakan yang menyehatkan,karena berisi sayur mayur dan rendah lemak. Semangkuk sayur asem yang dikombinasikan dengan tahu tempe dan sepiring nasi putih rasanya sudah cukup untuk menggugah selera makan anda sekeluarga. Selain itu cara pembuatanya pun sangatlah mudah dan simpel alias tidak terlalu ribet. Banyak pedagang pedagang sayur dipasar yang sudah menyiapkan satu paket sayur yang sudah dikemas khusus untuk pembuatan sayur asem,jadi itu akan membuat anda tidak usah bingung bingung lagi memilih sayuran apa aja yang akan anda beli.

Sejatinya ada banyak sekali jenis dan versi dari sayur asem yang kebanyakan dinamakan menurut daerah daerah asalnya,seperti contoh ada sayur asem jawa, sayur asem sunda ,dan sayur asem betawi. Untuk sayur asem jawa dan sunda biasanya lebih sering menggunakan buah asem yang sudah cukup tua berwarna coklat muda,jadi sebagai hasil akhirnya kuah sayur asem akan sedikit lebih keruh. Khusus untuk sayur asem sunda biasanya ditambahkan kemiri yang ditumbuk halus bersama bumbu bumbu lainya. Sayur asem betawi sendiri biasanya hanya menggunakan buah asem yang masih muda sehingga sebagai hasil akhirnya kuah akan terlihat lebih bening.

Resep Cara Membuat Sayur Asem

Resep Sayur Asem


Sebagai contoh kami akan mencoba menshare kepada anda resep sayur asem jawa yang akan sangat cocok sebagai hidangan utama untuk keluarga anda.

Bahan Bahan Sayur Asem

-3-4 buah jagung manis,potong potong beberapa bagian.
-200 gr kacang panjang.
-50gr melinjo
-150gr tetelan sapi.
-75gr kacang tanah.
-1 sampai 2 liter air.

Bumbu Bumbu Sayur Asem Yang Perlu Anda Haluskan

-2 sampai 3 buah cabai merah.
-3 sampai 4 buah asam.
-3 siung bawang merah
-1 sendok teh terasi bakar.
-1 sendok makan garam
-1 sendok teh gula.
-3 buah tomat.
-1cm lengkuas
-3 lembar daun salam

Cara Memasak Sayur Asem


1.Rebus air hingga mendidih kemudian masukan tetelan sapi hingga tekstur daging menjadi empuk.Setelah daging dirasa empuk anda dapat memasukan buah melinjo,kacang tanah,kacang panjang daun salam,buah asam dan lengkuas.(khusus untuk tomat biarkan sampai setengah matang saja)

2.Setelah tomat setengah matang,angkat dan masukan kedalam mangkok kemudian hancurkan,beri sedikit kuah dan masukan kembali kedalam panci.

3.Selang beberapa menit,masukan bumbu bumbu yang suda dihaluskan dan jagung manis,biarkan hingga mendidih.

Sayur asem pun sudah siap disajikan.

Well... Mudah bukan cara pembuatan sayur asem.Selain tidak terlalu lama prosesnya anda juga tidak perlu mempunyai keahlian khusus dalam memasak.
Selamat mencoba dan semoga artikel ini berguna bagi anda. Anda juga bisa mempelajari resep masakan lain seperti Resep Pancake , Resep Kue Bolu Kukus , Resep Donat Kentang hingga Resep Cara Membuat Opor Ayam .


0 Response to "Resep Sayur Asem Dan Cara Membuatnya"

Note: Only a member of this blog may post a comment.