Latest News

Resep Kue Lumpur Labu Kuning - Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Pandan

Resep Kue Lumpur Labu Kuning - Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Pandan - Apakah anda sudah pernah mendengar kue basah satu ini? Iya mungkin banyak orang yang belum pernah mendengarnya, apalagi orang orang yang berdomisili di luar daerah jawa timur, tentu saja karna kue basah yang satu ini adalah kue khas dari jawa timur tepatnya kota surabaya, kue tradisional khas surabaya ini terbilang unik karna namanya yang lain dari pada yang lain, ya namanya adalah kue lumpur, mungkin bagi sebagian orang nama tersebuat asing ditelinganya, tapi tidak hanya namanya yang unik, resepnya juga unik, kue ini bagian pinggirnya memiliki tekstur yang lembut seperti kue basah lainya  namun yang membuatnya unik adalah bagin tengahnya, karna bertekstur seperti lumpur, memang sangat unik kue lumpur khas surabaya ini, kemudian panganan ini juga menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang enak manis dan tentu saja legit sehingga cocok untuk sarapan,makanan penutuh bahkan untuk berbuka puasa,, apakah anda sudah mulai tertarik dengan kue ini., anda sudah mulai tidak sabar untuk membelinya? Tapi sayangnya kue ini sudah langka dan jarang yang menjualnya, bisa jadi hanya tempat tempat tertentu saja yang menjual kue ini. Dari pada anda susah susah mencari kue ini , ada lebih baiknya anda membuat sendiri kue ini, yuk kita ikuti langkah langkah resepnya.

Resep kue lumpur yang lezat dan istimewa

Resep Kue Lumpur
Resep Kue Lumpur

Bahan Kue:
200 gram kentang yang sudah dikukus dan dihaluskan.
175 gram tepung terigu.
375 ml santan dari 1 butir kelapa.
100 gram gula pasir.
75 gram mentega.
200 ml air.
5 butir telur ayam.
¾ sdt vanili.
¼ sdt garam.
100 gram kelapa muda.
50 gram kismis.

Cara membuat kue lumpur istimewa
Anda harus menyiapkan mentega lalu panaskan sampai mencair, kemudian masukan air sampai mendidih.
Tambahkan tepung terigu , vanili,garam,gula, dan kentang, usahakan diaduk sampai benar benar kalis karna itu akan mempengaruhi tampilan dan rasa kue lumpur, kemudian angkat dan biarkan sebentar agar menjadi dingin.
Kocok telur, kemudian masukan satu per satu kedalam wadah, sambil menambahkan santan sedikit demi sedikit dan diaduk agar merata.
Adonan yang sudah jadi lalu dituang kedalam cetakan kue lumpur yang sudah dipanaskan sebelumnya. Jika adonan kue lumpur sudah setengah matang segera tanbahkan kismis dan kelapa muda untuk menambah aroma dan rasa.
Tutup cetakan dan tunggu hingga matang. Lalu sajikan.

Ada yang harus benar benar anda perhatikan dalam membuat kue lumpur, yaitu pemilihan bahan dasar kentang, anda sebaiknya memilih kentang yang kandungan airnya sedikit, seperti kentang tes. Kemudian agar isinya lebih terlihat, masukan isian ketika adonanya masih setengah matang, karna beetujuan agar adonan mengembang dengan baik, bahan isian dalam membuat kue lumpur tidah harus menggunakan kelapa dan kismis, namun bisa menggunakan bahan klain misalnya buah buahan atau keju.

Bagaimana sangat mudahkan resep cara membuat kue lumpur ini? Penjelasan di atas juga berisi bagaimana agar anda lebih mudah untuk membuatnya, ok, jangan takut mencoba sipa tau anda akanketagihan membuat kue ini karena kue ini unik dan langka , jadi jika anda sudah mahir membuatnya mungkun kedepanya anda bisa menjadi kan kue lumpur ini manjadi bisnis makanan yang menjajikan. Terima kasih

0 Response to "Resep Kue Lumpur Labu Kuning - Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Pandan"

Note: Only a member of this blog may post a comment.