Latest News

Resep Cara Membuat Tempe Bacem Jawa Enak

Resep Cara Membuat Tempe Bacem Jawa Enak - Apakah anda pernah mendengar masakan yang bernama BUMBU BACEM ? bumbu bacem sendiri sangat  terkenal di daerah daerah jawa , jogja, dan sunda bahkan sudah sangat terkenal di daerah daerah lain. Tidak heran bumbu bacem sangat terkenal dan digemari masyarakat, karna makanan yang satu terkenal dengan cita rasanya yang sangat enak dan juga harga yang terjangkau. Yang perlu disorot pada bumbu  bacem adalah kata kata bacem yang mungkin tidak semua orang tau akan arti bacem itu sediri, mungkin anda juga belum tau? bacem merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut makanan yang diolah dengan cara di awetkan,, terutama  digunakan pada tempe dan tahu yang sering dijadikan sebagai variasi menu makanan yang enak dan bergizi dirumah ataupun di penjual penjual makanan. Kebanyakan ditempat tempat lesehan.

Pembuatan tempe bacem sebenarnya cukup mudah hanya perlu menggunakan air kelapa untuk mendapatkan cira rasa yang gurih dan manis, akan tetapi tanpa air kelapa pun sebenarnya tahu bacem sudah enak tidak kalah dengan yang  ditambahkan air kelapa, sebenarnya ada  berbagai macam pengolahan untuk membuat tahu bacem, akan tetapi kebanyakan pembuatan tahu bacem memang ditambahkana air kelapa untuk menambah cita rasa, tetapi jika anda tidak ingin menggunakan air kelapa anda bisa menggunakan air biasa dalam pengolahanya.  Berikut adalah Resep Cara Membuat Tempe Bacem Jawa Enak, agar anda bisa memilih variasi memasak tahu bacem tersebut. Anda juga bisa menambahkan cita rasa pedas jika anda menyukai cita rasa tahu bacem yang pedas. Anda juga bisa mempelajari resep masakan enak kami yang lainnya seperti cara membuat donat kentang,cara membuat martabak telur,cara membuat martabak manis,cara membuat bolu kukushingga resep cara membuat brownies kukus yang baik dan benar.

Resep Cara Membuat Tempe Bacem Jawa Enak



Resep Cara Membuat Tempe Bacem Jawa Enak
Resep Cara Membuat Tempe Bacem Jawa Enak

Bahan bahan dan bumbu Tempe Bacem :


400 gram tempe. Potong sesuai selera anda
300 ml air
1 sdm gula merah
1 sdm air asam
Garam, gula, dan kecap manis sesuai selera anda
2 lembar daun salam, menambah aroma harum
2 cm lengkuas, geprek
Minyak secukupnya untuk menggoreng
Haluskan :
4 butir bawang merah
3 siung bawang putih
½ sdt ketumbar
2 butir kemiri

Cara Membuat Tempe Bacem


Langkah pertama gula merah, gula, garam, dan kecap dicampurkan menggunakan air beserta bumbu halus kemudian masukan ke dalam wajan atau panci. Setelah itu masukan tempe, susun dan ratakan agar tempe terendam bumbu secara sempurna, lalu yang terakhir tambahkan daun salam dan lengkuas.

Langkah selanjutnya masaklah dengan api kecil sampai bumbu benar benar meresap dan air rendaman menyusut. Kemudian angkat, tiriskan, dan tempe bacem siap dihidangkan.

Resep Cara Membuat Tempe Bacem Jawa Enak Air Kelapa Dan Serai


Bahan dan bumbu :


400 gram tempe, potong sesuai selera anda
800 ml air kelapa
100 gram gula merah, sisir terlebih dahulu
2 sdm kecap manis
1 lembar daun salam
1 cm lengkuas, memarkan dahulu
½ sdt garam
Minyak untuk menggoreng
Haluskan :
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
½ sdm ketumbar
3 batang serai, ambil putihnya saja

Cara Membuat


Langkah pertama ungkep atau  rebus tempe dengan air kelapa. Gula merah, kecap manis, daun salam, lengkuas, garam, dan bumbu halus sampai benar benar matang dan bumbu meresap. Langkah selanjutnya panaskan minyak goreng dengan api yang tidak terlalu besar hingga tempe berubah warna menjadi kecoklatan. Langkah terakhir angkat dan tiriskan. Tempe bacem siap dihidangkan.

Nah itulah Resep Cara Membuat Tempe Bacem Jawa Enak semoga bermanfaat.

0 Response to "Resep Cara Membuat Tempe Bacem Jawa Enak"

Note: Only a member of this blog may post a comment.