Latest News

Resep Cara Membuat Soto Betawi Asli Enak & Bumbu Soto Betawi

Resep Cara Membuat Soto Betawi - Ada banyak sekali varian rasa soto di Indonesia dan Soto Betawi Adalah salah satunya. Soto Betawi adalah masakan khas dan asli dari jakarta akan tetapi penggemar dari soto betawi berasal dari seluruh indonesia termasuk saya juga hehe. Kombinasi dari beberapa bumbu dan daging sapi,santan hingga jeroan membuat soto betawi terasa sangatlah lezat apalagi kuahnya yang begitu gurih. Walapun tidak disarankan untuk memakan soto betawi terlalu sering karena mengandung kolesterol yang cukup tinggi yang otomatis tidak terlalu baik untuk kesehatan,tetapi jika sekali kali mencoba tidak ada salahnya bukan.

Resep Cara Membuat Soto Betawi Asli Enak

Resep Cara Membuat Soto Betawi Asli Enak



Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi kepada seluruh pembaca setia blog kami tentang bagaiman resep cara membuat soto betawi asli enak yang baik dan benar sehingga anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari soto betawi buatan anda.

Bahan-Bahan Soto Betawi

-4 sendok makan minyak goreng
-1 liter air matang
-300 ml susu sapi
-400ml santan encer
-usus/jeroan sapi 200gr
-daging sandung lamur 200gr
-paru sapi 100gr
-babat sapi 200gr

Bumbu Soto Betawi Yang Dihaluskan

-garam (secukupnya)
-1 batang serai(memarkan)
-4 lembar daun salam
-1 sendok teh cengkeh
-1 sendok teh jintan
-3cm jahe
-2 sendok teh merica
-5 siung bawang putih
-8 siung bawang merah
-4 buah cabai merah

Bahan Tambahan Soto Betawi

-Acar
-Sambal
-Emping Goreng
-Bawang Goreng
-Daun Seledri
-Daun bawang (iris serong)
-Tomat Merah

Cara Membuat Soto Betawi

1. Pada Langakah awal siapkan daging sengkel dan sandung lamur lalu rebus beberapa saat hingga daging berubah warna,lalu angkat daging dan buang air rebusan. Lalu rebus kembali daging sengkel dan sandung laur hingga benar benar lunak dengan 1,5 liter air beri 1 sendok makan garam,setelah tektur daging benar benar lunak,angkat lalu tiriskan jangan buah air kaldu dagingnya.

2.Pada langkah kedua ini yang perlu anda lakukan adalah merebus daging jeroan hingga benar-benar empuk,lalu potong-potong dadu atau menjadi ukuran yang kecil.

3.Pada langkah ketiga ini anda bisa memulai untuk menumis bumbu halus sembari memanaskan kaldu daging,setelah tumisan mulai harum dan berubah warna masukkan kedalam rebusan kaldu lalu aduk sampai merata.

4.masukkan potongan daging dan jeroan kedalam air kaldu dan masukkan juga air susu dan santan encer. Masak hingga mendidih sembari diaduk sesekali agar merata,lalu tambahkan garam. (cicipi dahulu kuah hingga anda mendapatkan rasa yang pas sebelum anda sajikan)

5.Soto betawi pun siap disajikan.

Anda dapat menyajikan dengan dikombinasi bahan bahan tambahan seperti tomat,daun bawang dan lain lain.

Nah.. walaupun prosesnya lumayan panjang akan tetapi usaha anda akan terbayar lunas ketika soto betawi buatan anda sudah jadi dan siap disajikan. Semoga artikel ini berguna bagi anda dan dapat menjadi sebuah referensi bagi anda dan keluarga. Anda juga dapat membaca beberapa resep masakan lainnya seperti resep opor ayam,resep rendang daging,resep ayam bakar,resep soto ayam hingga resep cara membuat sayur asam yang baik dan benar.

0 Response to "Resep Cara Membuat Soto Betawi Asli Enak & Bumbu Soto Betawi"

Note: Only a member of this blog may post a comment.