Latest News

Resep Cara Membuat Ikan Bakar Kecap & Bumbunya

Resep Cara Membuat Ikan Bakar Kecap - Ikan bakar di Indonesia sangat benareka ragam dan bervariasi setiap daerah. Masakan ikan bakar merupakan masakan yang cukup populer dikalangan masyarakat, sebab indonesia sendiri kaya akan biota lautnya, salah satunya adalah ikan. Dan tak ketinggalan juga, masyarakat indonesia tak sedikit yang berbisnis ikan air tawar, dengan pengembang biakan tambak dan kolam. Dengan berlimpahnya jenis ikan yang ada di Indonesia, maka masakan berbahan dasar ikan, sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kita. Salah satunya adalah Resep ikan bakar. Antusiasme penggemar masakan ikan bakar pun, makin hari makin bertambah, semua kalangan usiapun menyukai masakan ikan bakar, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dan lansia. Mungkin anda juga salah satunya yang menyukai masakan ikan bakar?

Seperti yang saya tulis diatas, resep ikan bakar sangat bervariatif dan banyak macamnya, seperti juga masakan yang berbahan ayam, ada banyak resep masakan yang berbahan dasar ayam, contohnya seperti posting admin tentang " Resep Masakan Ayam goreng sederhana dan KFC, " Resep Masakan Ayam Rica-rica ", yang mungkin belum anda baca. Kembali ke Resep Ikan Bakar, Resep ikan bakar pun sangat bervarisi contohnya, Resep Ikan Bakar Sambal Kecap, Resep Ikan Bakar Sambal Dabu, dan Resep ikan bakar yang lainnya. Namun admin hari ini akan membagikan Resep Ikan Bakar Sambal Kecap dan Dabu saja, yang mungkin dapat menjadi refrensi bunda-bunda baru yang ingin belajar memasak, atau anda yang ingin belajar memasak Ikan bakar.

Biasanya kita membeli ikan bakar diwarung atau restoran, ikan bakar diwarung dan restoran tersebut sangat gurih dan enak, maka tak heran penggemar masakan ikan bakar pun kerap kali ketagihan dan selalu berlangganan masakan ikan bakar yang ada diwarung atau restoran tersebut. Namun kali ini bunda atau anda bisa membuatnya sendiri, kapanpun dan dimanapun dengan resep ikan bakar sambal kecap dan dadu yang akan admin berikan. Berikut ulasan singkat masing-masing resep ikan bakarnya.

Resep Cara Membuat Ikan Bakar Kecap & Bumbunya

Resep Cara Membuat Ikan Bakar Kecap & Bumbunya


Bahan dan Bumbu :

- 2 ekor ikan nila, bisa juga ikan gurame, dan ikan mas.
- 5 Sendok makan kecap manis.
- 1 sendok teh air jeruk nipis.
- 1 sendok makan air asam jawa.
- minyak goreng secukupnya untuk menumis.

Bumbu Halus:

- 4 buah cabe merah.
- 4 buah cabe rawit pedas.
- 4 siung bawang putih.
- 6 buah bawang merah.
- seruas jahe.
- ketumbar (sangrai) dan garam secukupnya saja.
Bahan Sambal Kecap:
- kecap manis.
- bawang merah, cabe rawit merah dan hijau, tomat buang bijinya (iris tipis-tipis)

Cara Membuat :

- Bersihkan ikan nila (gurame, mas) dan buang isi dalam perutnya.
- lumuri ikan dengan air perasan jeruk nipis dan diamkan 15 menit.
- Tumis bumbu halus sampai harum.
- Tuangkan air asam jawa dan kecap lalu ratakan dan angkat.
- lumuri ikan dengan bumbu yang telah ditumis dan bakar sampai matang.
- angkat ikan bakar yang sudah matang dan sajikan dengan nasi hangat dan sambal kecap.

Resep Cara Membuat Ikan Bakar Sambal Dabu


Resep masakan ikan bakar sambal dabu ini dibuat oleh Cheef Yeni Ismayani yang saya kutip dari tabloid bintang. Berikut resepnya.

Bahan:

- 3 ekor Ikan bawal yang sudah dibersihkan isi perutnya.
- Air perasan jeruk nipis secukupnya.
- 3 siung Bawang Putih dan haluskan.
- merica bubuk dan garam secukupnya.

Bahan pembuat sambal dabu:

- bawang merah 5 butir, potong-potong.
- bawang putih 3 butir, potong-potong.
- 3 butir tomat, potong-potong.
- perasan air jeruk nipis peras airnya.
- garam dan gula pasir secukupnya.

Cara membuat:

- Lumuri ikan bawal dengan perasan air Jeruk nipis dan oleskan bawang yang sudah dihaluskan, merica bubuk dan garam. Biarkan kira-kira 20 menit agar bumbu meresap.
- Bakar ikan pada bara api, sampai ikan matang dan angkat.
- cara buat sambal: campurkan bahan pembuat sambal lalu aduk hingga rata.
- ikan bakar siap dihidangkan, lengkap dengan sambalnya.

Nah, itulah kedua Resep Ikan Bakar hari ini. Semoga dapat menjadi refrensi bunda-bunda yang ingin belajar memasak ikan bakar untuk keluarga tercinta. Anda tinggal pilih mau memasak Ikan bakar sambal kecap atau ikan bakar sambal dabu. Sesuaikan dengan selera anda dan keluarga. Terima kasih telah membaca ulasan admin dari awal sampai ahir, jika anda berkenan, anda dapat share info ini ke fb atau sosial media lainnya, agar teman anda tahu tentang kedua resep ikan bakar yang gurih dan nikmat ini. Anda juga bisa mempelajari resep masakan ajib yang lainnya seperti resep ayam bakar,resep opor ayam,resep soto ayam,resep soto betawi hingga resep rendang daging yang nikmat.

0 Response to "Resep Cara Membuat Ikan Bakar Kecap & Bumbunya"

Note: Only a member of this blog may post a comment.