Latest News

Resep Cara Membuat Semur Ayam

Resep Cara Membuat Semur Ayam - Banyak sekali makanan khas yang berasal dari indonesia, salah satunya adalah semur, Ada beberapa macam dan jenis semur , Salah satunya adalah adalah semur ayam, Namanya juga semur ayam bahan utamanya pasti menggunakan daging ayam tapi perlu anda tau bahan dasar utamanya juga bisa di ganti dengan bahan lain lo, Sesuai dengan selera anda. Semur biasanya identik dengan kuah pekatnya, juga warnanya biasanya agak kecoklatan. Bawang bombai, bawang merah, pala dan cengkih merupakan bahan campuran yang digunakan untuk membuat kuah yang pekat, Tetapi bahan dasar uitama untuk membuat kuah peka tentu saja kecap manis, kecak manis ini juga dapat menciptakan rasa yang sangat lekat tentu saja dengan bahan bahan bumbu campuran lainya. Agar semur yang anda buat tidak monoton atau terkesa itu itu saja dan membosankan, anda bisa juga menambahkan bahan selain bahan dasar daging atau kentang, misalnya di tambahkan dengan tahu, tempe, telur, ikan atau bahan yang lainya yang sesuai dengan selera anda.

Resep Cara Membuat Semur Ayam

Resep Cara Membuat Semur Ayam
Resep Cara Membuat Semur Ayam

Saya sebagai penulis pada kesempatan kali ini akan menginformasikan sedikit kepada anda, bagaimana cara membuat semur ayam Bumbu Kecap. Supaya pembahasan kita lebih efektif dan anda bisa lebih mengerti langsung saja kita fokus dan menyimak Resep Cara Membuat Semur Ayam Bumbu KecapAnda juga bisa mempelajari resep masakan ajib yang lainnya seperti resep ayam bakar,resep ikan bakar,resep opor ayam,resep rendang daging,resep soto ayam hingga resep soto betawi yang enak banget.

Bahan-bahan Semur Ayam :


1/2 ekor ayam (potong menjadi 4 bagian)
1 ( satu )  sendok makan cuka
1 ( satu ) sendok teh garam
Minyak goreng secukupnya


Bahan bumbu Semur Ayam yang dihaluskan :


6 ( enam ) siung bawang merah
4 ( empat ) siung bawang putih
4 ( empat ) butir kemiri
2 ( dua ) sendok teh ketumbar
1/2 ( setengah ) sendok butiran merica
1 1/2 ( satu setengah ) sendok teh garam


Bahan-bahan Semur Ayam tambahan :


2 cm lengkuas (dimemarkan)
1/2 ( setengah ) biji pala
5 ( lima ) butir cengkih
500 ml air / secukupnya sesuai selera anda
6 ( enam ) sendok teh kecap manis
Bawang goreng ( bisa di gunakan untuk bahan taburan )


Cara Mengolah  SEMUR AYAM ISTIMEWA KHAS INDONESIA :


Gunakan garam dan cuka untuk meremas remas daging ayam, kemudian siapkan minyak yang sudah dipanaskan , setelah itu masukan daging ayam yang telah diremas remas hingga daging ayam tersebut berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Kemudian angkat dan tiriskan.

Dan selanjutnya bumbu bumbu yang telah anda haluskan tadi, serta lengkuas yang sudah dimemarkan, pala dan cengkih harus di tumis dulu, dan perlu anda perhatikan panas minyaknya, karna kalau minyak terlalu panas bisa bisa bumbu yang anda tumis gosong, jadi saya sarankan gunakan minyak yang tidak terlalu panas agar tumisan berhasil sempurna, setelah  bumbu yang ditumis matang dan mulai mengeluarkan bau harum, berarti anda harus segera memasukan daging ayam yang sebelumnya telah digoreng, aduk aduklah yang rata agar daging ayam matang dengan sempurna.

Segera tuangkan air secukupnya dan kecap manis, aduk aduk masakan secara merata hingga air mendidih. Setelah air mendidih , kecilkan api kompor kemudian lanjutkan memasak hingga air didalamnya habis dan bumbu benar benar meresap kedalam daging ayam , sebelum anda angkat pastikan daging ayam benar benar empuk dan matang, sajikanlah semur ayam dengan hiasan yang bisa membuat aroma menjadi lebih harum seperti taburan bawang goreng atau hiasan lainya sesuai selera anda.


Nah dari penjelasan diatas bagaimana pendapat anda , cukup mudah kan? Mungkin anda ingin segera mencoba Resep Cara Membuat Semur Ayam . Mungkin dari informasi yang telah saya jelaskan diatas, menjadi salah satu langkah awal anda membuat menu baru untuk keluarga anda di rumah,  saya sarankan baca juga artikel artikel lain yang membahas tentang resep masakan agar wawasan anda terhadap masakan bertambah sehingga anda bisa lebih banyak memiliki menu masakan yang simple dan enak, Mohon maaf sebelumnya , mungkin tulisan yang saya tulis masih memiliki kekurangan dalam tata bahasa,isi dan lain sebagainya, selaku penulis saya sangat mengharapkan adanya masukan serta kritikan yang membangun dari anda, agar kedepanya saya lebih baik lagi dalam menyajikan informasi. Terima kasih

0 Response to "Resep Cara Membuat Semur Ayam"

Note: Only a member of this blog may post a comment.