Latest News

Resep Cara Membuat Siomay Bandung Ayam Dan Ikan

Resep Cara Membuat Siomay Bandung Ayam Dan Ikan - Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan saya tentang makanan yang sudah sangat populer di indonesia. Dan juga makanan ini sering kita jumpai di hampir semua tempat. Pernah kah anda membeli siomay di tukang siomay yang biasa keliling di depan rumah anda memakai sepeda?  Iya benar ,pasti kebanyakan kalian juga sering menemuinya.  

Siomai sendiri merupakan salah satu jenis makanan yang sangat disukai di indonesia, dan menjadi makanan favorit untuk berbagai kalangan dan usia. Berkaitan dengan makanan ini, saya ingin berbagi pada anda tentang bagaimana cara membuat somay yang prektis dan mudah. Tapi serbelumnya saya ingin berbagi pengalaman saya tentang hal yang berkaitan dengan somay. 

Pada suatu hari saya dan teman saya sedang jalan jalan ke mengelilingi jalan raya dan tidak tau arah tujuanya kemana,, dan tiba tiba saya melihat seseorang naik sepeda dan dibelakangnya ada sebuah wadah besar seperti orang yang berjualan sesuatu dan kemudian saya dekati,,benar saja ternyata orang tersebuat adalah penjual siomay. Kemudian saya membelinya dan rasanya sangat enak dengan harga murah meriah,, kemudian keesokan harinya saya menemui seorang penjual somay dengan menggunakan sepeda motor, karena saya pecinta somay kemudian saya kembali membelinya,, tapi sekarang harganya agak lebih mahal di banding yang kemarin tapi soal rasa,yang kemarin tidak kalah enak,,,hari berikutnya saya kembali menemuai penjual somay. kali ini disebuah warung atau kedai kecil di pinggir jalan kemudian saya juga membeli somay tersebut dan benar saja rasanya juga enak tetapi harganya lebih mahal ketimbang yang pertama dan kedua, hari berikutnya saya kembali menemuai penjual somay, kali ini agak berbeda karna somay di jual diresto. tepatnya restoran mahal disebuah kawasan elit, kemudian saya membelinya,,tentu saja rasanya juga enak sekali.. dengan harga yang jauh lebih mahal dari hari hari sebelumnya saya membeli di penjual yang berbeda beda.

Mungkin anda sudah bisa menyimpulkan dari cerita saya diatas? Yah benar saja kesimpulanya adalah ternyata cita rasa somay tetap sama enak walaupun di jual ditempat dan kualitas berbeda. Maka dari itu siomay menjadi makanan yang diminati oleh semua kalangan, baik miski maupun kaya, anak anak.remaja maupun orang tua. Kembali ke inti pembahasan.. silahkan simak Resep Cara Membuat Siomay Bandung Ayam Dan Ikan yang enak dan  praktis kesukaan saya. Anda juga bisa mempelajari resep masakan ajib yang lainnya seperti resep ayam bakar,resep ikan bakar,resep opor ayam,resep rendang daging,resep soto ayam hingga resep soto betawi yang enak banget.

Resep Cara Membuat Siomay Bandung Ayam Dan Ikan

Resep Cara Membuat Siomay Bandung Ayam Dan Ikan
Resep Cara Membuat Siomay Bandung Ayam Dan Ikan

Bahan dan Bumbu

200 gram ikan tenggiri
150 gram udang cincang
150 gram labu siam/ wortel yang diparut halus
250 gram tepung aci / sagu
1 sdm garam
100 gram putih telur
10 butir bawang merah yang dihaluskan
6 siung bawang putih yang dihaluskan
Dan tambahkan pelengkap seperti : kembang tahu , pare , tahu, kentang, kol dan telur

CARA MEMBUAT SIOMAY BANDUNG

Persiapkan ikan, udang, dan garam lalu campurkan dan aduk aduk hingga merata. Langkah selanjutnya masukan labu siam, putih telur, bawang merah, dan bawang putih. Aduk aduk hingga merata. Kemudian masukan tepung aci / sagu kembali di aduk hingga merata. Selanjutnya adonan ikan pada tahu dimasukan beserta telur, kol dan pare. Sebagian bentuk bulat bulat.

Langkah berikutnya kukuslah siomay dan pelengkap di sebuah dandang panas hingga matang.
Langkah terakhir sajikan siomay dengan siraman bumbu kacang dan tambahkan hiasan agar lebih menarik.

RESEP BUMBU SIOMAY SAUS KACANG

Bahan bahan :

500 gram kacang tanah sangrai, buang kulit, giling halus.
150 gram cabai merah besar
50 gram bawang merah
2 sdm garam
 2 sdm gula
2 buah jeruk limau

CARA MEMBUAT BUMBU KACANG SIOMAY

Langkah pertama cabai merah dan bawang merah di goreng agar baunya harum, kemudian angkat dan haluskan. Berikutnya bumbu yang tadi sudah dihaluskan kemudian di campur dengan kacang tanah, gula, garam ,dan air secukupnya, kemudian aduk hingga rata.

Bumbu kacang dipanaskan hingga mendidih. Angkat kemudian beri air perasan jeruk limau. Terakhir sajikan sebagai siraman siomay. 

Itulah Resep Cara Membuat Siomay Bandung Ayam Dan Ikan, semoga berguna bagi anda dan keluarga.


0 Response to "Resep Cara Membuat Siomay Bandung Ayam Dan Ikan"

Note: Only a member of this blog may post a comment.